Label

Minggu, 27 Agustus 2017

Tips Sehat di Usia Tua

Tips Sehat di Usia Tua

Jika anda sudah tidak lagi muda alias sudah tua, tentunya ingin sehat bukan? berikut ini ada tips-tipsnya ala sukabacainformasi:

10 Tips Sehat di Usia Tua


1. Tinggal Aktif

Olahraga teratur adalah salah satu kunci terbesar bagi kesehatan fisik dan mental. Kehidupan yang aktif akan membantu Anda tetap fit untuk menjaga kebebasan Anda pergi ke tempat yang Anda inginkan dan melakukan aktivitas Anda sendiri. Olahraga teratur dapat mencegah timbulnya kondisi kronis seperti penyakit jantung, diabetes, depresi, dan arthritis, dan sebagainya.
Tips: Kuncinya adalah tetap aktif, lakukanlah sesuatu yang akan Anda nikmati. Jika Anda bukan tipe orang yang rutin berolahraga secara teratur, sebaliknya Anda bisa berjalan kaki atau naik sepeda setiap hari. Cobalah olahraga sebagai kegiatan rutin Anda. Pikirkan apa yang terbaik untuk Anda, konsultasikan dengan dokter Anda, dan lanjutkan!

2. Makan Makanan Sehat

Mayoritas orang dewasa mengkonsumsi lebih dari dua kali lipat asupan sodium harian daripada yang direkomendasikan, yang dapat menyebabkan hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Sebagian besar asupan sodium tinggi ini berasal dari makanan dan makanan kemasan.
Tip: Konsumsilah makanan padat nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan whole grain. Hindari makanan manis, asin, dan makanan kemasan atau olahan. Ingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan makanan yang berbeda, ikuti saran dokter Anda mengenai batasan diet.

3. Pertahankan Otak Anda

Satu dari delapan orang dewasa (usia> 65 tahun) di Amerika Serikat dan beberapa negara lain menderita penyakit Alzheimer, sedangkan beberapa penurunan kognitif adalah bagian normal penuaan. Studi telah menunjukkan bahwa gaya hidup yang merangsang stimulasi kognitif melalui pembelajaran aktif akan memperlambat penurunan kognitif.
Tip: Jangan pernah berhenti belajar dan menantang pikiran Anda. Ikuti pelajaran menari, belajar bahasa baru, menghadiri kuliah di universitas setempat, belajar memainkan alat musik, atau membaca buku, jika umat Islam bisa mencoba menghafal Al Qur'an.

4. Membangun Hubungan Sosial

Hampir 30% orang tua yang tinggal sendiri dan hidup sendiri merasakan kesepian yang berat. Perubahan dalam hidup seperti pensiun, masalah kesehatan, atau kehilangan pasangan, dapat menyebabkan isolasi sosial.
Kiat: Selalu tetap berhubungan dengan keluarga dan teman Anda, terutama setelah mengalami perubahan hidup yang signifikan. Jadwalkan waktu reguler untuk bertemu teman dan keluarga sambil minum teh, makan bersama seminggu sekali, atau melakukan kegiatan lainnya bersama. Undang teman lain yang mungkin merasa kesepian atau terisolasi.


5. Cukup Tidur

Manusia bisa lebih kenyal tanpa makanan selain tanpa tidur. Orang tua membutuhkan tidur sebanyak orang dewasa lainnya, tujuh sampai sembilan jam per malam. Kurang tidur dapat menyebabkan depresi, mudah tersinggung, meningkatnya risiko terjatuh, dan masalah memori.
Tips: Buat jadwal rutin tidur. Jaga agar kamar tidur Anda tetap gelap dan bebas dari kebisingan saat tidur, hindari menonton televisi atau bermain internet saat di tempat tidur. Jauhi minum kopi di malam hari.

6. Kurangi Stres

Seiring bertambahnya usia, akan ada perubahan dalam keadaan stres dan begitu pula kemampuan kita untuk mengatasi stres. Stres jangka panjang bisa merusak sel otak dan menyebabkan depresi. Stres juga bisa menyebabkan kehilangan ingatan, kelelahan, dan penurunan kemampuan untuk melawan dan pulih dari infeksi. Sebenarnya, diperkirakan lebih dari 90% penyakit disebabkan atau dipersulit oleh stres.

Tips: Kita tidak bisa sepenuhnya menghindari situasi stres tapi kita bisa belajar teknik yang bagus untuk mengatasi stres. Jaga diri Anda saat Anda stres dengan cukup tidur, berolahraga, dan makan makanan bergizi. Bicaralah dengan orang yang Anda percaya atau yang dapat memberi saran kepada Anda mengenai tekanan Anda, dan cobalah melakukan beberapa teknik relaksasi, seperti pernapasan melingkar, yoga, atau meditasi dan jika Anda seorang Muslim bangun sampai sepertiga malam sambil berdoa tahajud. Ingat untuk selalu menjaga segala sesuatunya dalam perspektif, cobalah untuk menerima dan berperilaku dengan cara yang tidak dapat Anda kendalikan.

7. Cobalah Pencegahan

Banyak kecelakaan umum, penyakit, dan kondisi kesehatan kesehatan geriatrik, seperti penyakit, penyakit kronis, depresi, dan kelemahan, dapat dicegah.
Tips: Untuk mencegah penyakit, cuci tangan setelah selesai buang air besar dan sebelum makan. Untuk mencegah jatuh, jagalah benda di rumah Anda yang dapat menyebabkan Anda tersandung atau tergelincir, gunakan alat bantu sebagai pegangan atau pendukung, kenakan alas kaki yang sesuai, minum vitamin D dan kalsium.


8. Menjaga Kesehatan

Sebagian besar kesehatan kita tidak dikendalikan oleh sistem perawatan kesehatan tapi oleh tindakan kita sendiri, lingkungan kita, faktor sosial. Juga jangan terlalu mengandalkan dokter karena dokter mungkin tidak 100% sempurna. Kesalahan medis mungkin dilakukan. Semakin banyak pasien yang berperan dalam menjaga dan merawat kesehatan mereka sendiri, semakin mereka merasa puas dengan perawatan yang mereka dapatkan.
Kiat: Pikirkan cara menjaga kesehatan dengan mengubah gaya hidup Anda. Hubungi dokter Anda jika Anda khawatir dengan kesehatan Anda. Tunjukkan daftar obat resep dan non-resep Anda saat ini, termasuk suplemen herbal.

9. Buat Komunitas / Asosiasi

Membuat atau bergabung dengan komunitas / asosiasi dalam kegiatan sosial atau pembacaan.
Kiat: Bergabunglah dengan komunitas / asosiasi yang membuat Anda bahagia dan nyaman dan tidak stres.


10. Simpan Informasi Penting

Simpan informasi atau instruksi tentang penanganan darurat medis Anda, serta nomor telepon penting bila ada masalah dalam kesehatan Anda.

Demikianlah ulasan mengenai Tips Sehat di Usia Tua, semoga bermanfaat.

Minggu, 06 Agustus 2017

Tips Liburan di Yunani

Tips Liburan di Yunani

Tips Liburan di Yunani
Tips  Liburan di Yunani - Apakah Anda di antara para pelancong atay traveler yang menikmati tamasya luar ruangan lebih banyak daripada menjelajahi museum mewah, mencicipi beberapa hidangan segar daripada mencoba menu yang sama di rantai makanan global dan mengunjungi tempat-tempat yang menyegarkan dengan lebih banyak untuk dibagikan daripada tengara yang hebat untuk kepentingan diri sendiri? Jika Anda memiliki selera yang sama seperti yang disebutkan di atas dan mencari liburan yang sempurna sesuai keinginan Anda di Eropa, maka menjelajahi kota-kota Yunani yang menakjubkan akan menjadi pengalaman hebat dalam hidup Anda. Sebuah negara berkembang yang terletak di tepi Laut Mediterania, menyenangkan ribuan pelayar setiap tahun dengan kesederhanaan dan keragamannya yang sangat indah, Yunani adalah salah satu tujuan yang paling diinginkan, terjangkau dan menyenangkan di seluruh Eropa. Jadi, jika Anda ingin mengalami kesenangan ini secara langsung dan berharap untuk berkunjung ke Yunani untuk pertama kalinya, berikut adalah langkah-langkah yang akan memastikan liburan yang menyenangkan, hemat anggaran dan berkesan di Yunani:


1. Menyelesaikan Rencana Perjalanan Anda

Hal pertama yang paling penting tentang merencanakan liburan untuk tidak hanya Yunani, tapi untuk tujuan lain adalah memesan penerbangan Anda. Penerbangan kembali yang sesuai dengan tanggal Anda, memberi Anda pengalaman terbaik dan transit tanpa kerumitan adalah kunci untuk menikmati tujuan apa pun yang terbaik. Tapi, sebelum Anda melanjutkan untuk mendekati agen perjalanan Anda untuk pemesanan akhir, pastikan semua dokumen formalitas termasuk visa dan paspor sudah jelas dan lengkap terlebih dahulu. Pilih tanggal yang tidak terlalu dekat atau tidak begitu jauh dan jangan berbenturan dengan kejadian besar atau kondisi cuaca. Yunani adalah tujuan liburan yang menonjol di Eropa dan musim puncak akan membawa anggaran Anda ke masalah yang lebih besar. Jadi, baik mendapatkan penerbangan Anda dipesan terlebih dahulu, atau pilih waktu ketika Anda dapat menemukan kerumunan di semua tempat.

2. Mendapatkan Akomodasi

Menemukan akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda di Yunani bisa menjadi bisnis yang rumit. Anggaran untuk mendapatkan akomodasi yang layak di Yunani sepenuhnya didasarkan pada kebutuhan Anda dikombinasikan dengan area di mana Anda mencari hotel. Jika Anda bepergian solo dan bersedia untuk tetap rendah pada kemewahan, maka mendapatkan kamar asrama akan menjaga anggaran Anda dengan baik dalam bentuk. Juga, sebagian besar pulau di Yunani cukup mahal dan menemukan jas atau kamar hotel bisa memberi lubang besar pada tabungan Anda. Biaya kamar asrama rata-rata dengan fasilitas seperti Wi-Fi, kamar mandi pribadi, sarapan pagi (sesekali), televisi, lemari es dan lebih banyak bisa antara EUR 15-30 per hari di kota-kota seperti Athena.


3. Semua tentang Transportasi dan Makanan

Sebagai negara kepulauan dengan banyak pantai di dalam wilayahnya, sangat mungkin Anda harus menggunakan feri untuk menjelajahinya lebih jauh. Biaya naik feri bisa sampai EUR 30-50 per perjalanan selama musim puncak dan dapat mengurangi jika Anda bepergian selama bulan-bulan bahu. Sangat disarankan untuk mempersiapkan jadwal perjalanan Anda terlebih dahulu dan naik feri Anda memesan bulan online sebelum mendapatkan potongan harga tambahan. Yunani gourmet adalah kenikmatan surgawi untuk memiliki dan jika Anda berada di daratan, Anda dapat memiliki sebagian besar harga terjangkau. Namun, jika Anda berlayar melintasi pulau-pulau terkenal, bersiaplah untuk dicabik-cabik selama musim ini karena makanan mewah di pulau ini sangat mahal dan Anda akan menyesali rasanya begitu Anda mencoba hidangan serupa di daratan.

4. Lakukan

Yunani adalah negara kuno dan subur dengan berbagai macam situs arkeologi dari era yang berbeda dengan karakteristik yang berbeda. Menjelajahi landmark ikon ini adalah suatu keharusan tidak peduli apa. Namun, jika Anda berencana untuk menyaksikan keindahan dan tradisi Yunani yang sebenarnya, menuju kota-kota terpencil dan desa-desa akan memberi Anda pemaparan yang sempurna dari budaya Yunani yang murni dan tak tersentuh. Saat Anda berlayar di darat melintasi Yunani, menggunakan transportasi umum adalah ide terbaik. Selain itu, belanja dengan menggunakan kartu mungkin akan dikenakan biaya lebih banyak, jadi disarankan untuk meminta pemilik toko tentang diskon jika Anda membayar tunai.

5. Jangankan

Karena sebagian besar pulau di Yunani dianggap sebagai yang terbaik untuk menikmati bulan madu, pulau ini cukup mahal untuk tinggal atau beberapa makanan. Cobalah untuk menjaga jadwal perjalanan Anda sedemikian rupa sehingga Anda dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk menjelajahi pulau-pulau ini dan kurang pada masa inap. Tempat-tempat seperti Mykonos, Santorini, Corfu, Paros, iOS dan banyak lagi adalah tempat paling fanciest dengan tingkat makanan, tempat tinggal dan aktivitas yang tinggi. Mengambil taksi atau mobil sewaan untuk perjalanan jauh dapat menempatkan beban besar di saku Anda karena biaya bahan bakar serta biaya tol bisa menghabiskan banyak uang. Jika Anda bepergian ke lokal dan memiliki rencana untuk menemukan sebanyak mungkin tempat, hindari pilihan transportasi lokal karena jalur penerbangan dapat membingungkan Anda dan luangkan lebih banyak waktu di lalu lintas kota; Sebagai gantinya, moped di sewa dan jelajahi jalan-jalan lokal untuk makanan, belanja dan kegiatan lainnya di kota-kota daratan.

Demikianlah ulasan mengenai Tips  Liburan di Yunani, semoga bermanfaat.